Artikel, Berita, Foto, dan Video

Thursday, May 19, 2016

Ilmu dan Kecanggihan: Buku dan Handphone

Ilustrasi buku dan smartphone, sebagai bagian dari sinergi ilmu dan kecanggihan.
Sekarang ini eranya alat-alat canggih atau istilah kerennya adalah teknologi. Ya, banyak teknologi yang telah menjadi bagian dari hidup manusia sekarang ini, salah satu diantaranya teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Handphone adalah salah satu contoh dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Terus, apa hubungannya antara handphone dan buku ? Hubungan antara handphone dan buku ada di sebuah bagian yang biasa kita sebut sebagai ilmu.

Ilmu, riwayat pembuatan handphone dapat ditelusuri dari sini. Dari hal saling kontak lewat telepon, menggunakan sinyal atau gelombang sama seperti telepon rumah dengan kode nomor. Lalu berkembang teknologi berbalas pesan teks yang terinspirasi dari surat menyurat lewat pos. 

Hingga kini berkembang lebih jauh, dengan bisa mengakses semua portal hal apapun dari dalam maupun luar negeri dalam bentuk jaringan internet. Semua kecanggihan ini berawal dari informasi dan ilmu yang berkaitan dengan teori-teori yang ada dalam buku.

Di era sekarang juga manusia sudah bisa mempelajari ilmu-ilmu yang ada di bumi ini dengan tinggal menekan atau mengklik pilihan yang ada pada handphone. Sudah tidak perlu repot-repot lagi pergi mencari buku untuk belajar. Namun setelah itu semua, dengan semakin canggihnya handphone apakah manusia lantas meninggalkan buku sebagai bahan informasi utamanya ? 

Saya rasa harusnya tidak, karena biar bagaimanapun buku tetap memiliki informasi dan pengetahuan yang lebih dalam dan lengkap, ketimbang dari aplikasi internet yang diakses lewat handphone.

Intinya, buku tetaplah sumber utama ilmu. Buku tetaplah acuan manusia untuk berkembang. Walau ada ungkapan tak semua hal yang ada dalam hidup ada di dalam buku. Tetap saja manusia dalam era modern seperti ini sebelum hadirnya inovasi baru dalam teknologi, memerlukan buku untuk menunjang kehidupannya. 

Karena bukulah merupakan sarana yang memungkinkan manusia untuk menikmati kehidupan yang jauh lebih modern. Buku adalah sarana yang bisa membawa manusia menuju peradaban yang jauh lebih baik. Dan ingatlah buku bisa melahirkan handphone, tetapi handphone tak bisa melahirkan buku.

Tak ada handphone jika tidak berawal dari ilmu dan informasi dari buku. Jadi karena itulah kita sebagai manusia sudah seharusnya membaca buku untuk menggali informasi, ilmu, dan juga menambah pengetahuan khususnya teknologi. 

Tetapi bukan berarti kita tidak boleh menggunakan handphone sama sekali. Kita tetap menggunakannya sebagai apresiasi kita terhadap pencipta handphone yang pasti teori pembuatannya berawal dari buku. Manusia harus tetap membaca buku agar kelak dirinya mampu lebih pintar daripada ponselnya dan jangan sampai terjadi hal sebaliknya.

Dengan membaca buku juga, siapa tahu kita manusia yang berasal dari generasi sekarang ini dapat menciptakan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih canggih di masa depan. Iya, kan ?
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Unordered List

Pages