Artikel, Berita, Foto, dan Video

Friday, April 29, 2016

Kuliner Unik Ayam Lepaas

Potongan Ayam Goreng Bumbu yang bisa disesuaikan dengan selera pelanggan, yaitu Lepaas dan Lemas.
Kalian semua pasti pernah ke Bandung, kan? Ya, ibukota Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal sebagai kota pelancong dari luar daerah khususnya Jakarta. Bagi pelancong dari luar kota yang datang ke Bandung, kota ini memiliki sejumlah spot pemandangan yang indah.

Selain itu kota ini juga terkenal dengan sejumlah panganan kuliner khas parahyangan dan daerah-daerah lainnya. Dari mulai restoran, cafe hingga gerobak pinggir jalan, berjejer kuliner khas dari kota ini. Es Goyobod, Seblak, Mie Dingin dan Gehu Pedas adalah beberapa diantaranya yang sering dinikmati pelancong.

Namun ada satu lagi, nih, kuliner Bandung lainnya yang gak kalah unik, yaitu Ayam Lepaas. Ya, Ayam Lepaas dari namanya saja udah bikin kita penasaran, kan? Panganan kuliner ini sebetulnya terdiri dari potongan daging ayam yang dibumbui dua bumbu spesial, yaitu Lepaas dan Lemas. Lepaas sendiri berarti lezat pedas dan Lemas yang berarti lezat manis.

Restoran ini sendiri terletak di Jalan Soekarno-Hatta berdekatan dengan kantor Kementerian Agama Bandung dan tak jauh dari perempatan Buah Batu. Menurut Kepala Unit cabang Soekarno-Hatta, Angga, saat ditemui kami (2/2) di tempat ia menuturkan, bahwasannya restoran ini sudah didirikan sekitar tahun 2012. Ia juga menambahkan, sebetulnya pemilik restoran ini bernama Pak Soeparno yang berasal dari Aceh.

Saat ditanya mengapa nama restoran ini Ayam Lepaas, Angga mengatakan pemberian nama ini hanya untuk menarik minat pengunjung belaka. Di samping itu, selain di Soekarno-Hatta, ada juga cabang restoran lainnya di daerah Mohammad Toha dan Rancaekek. 

Angga juga mengatakan bahwa sebenarnya kuliner Ayam Lepaas ini berasal dari Aceh, kampung halaman sang pemilik. Lalu ia juga menambahkan, omset penjualan perbulan dari restoran ini mencapai 100 juta rupiah. Untuk harga satu porsinya sendiri Paket Ayam Lepaas berkisar 17.500 rupiah dan Paket Ayam Lemas juga berkisar 17.500 rupiah.

Selain itu, kami juga mewawancarai beberapa pelanggan yang sedang makan di restoran Ayam Lepaas, diantaranya Bu Ati yang berprofesi sebagai pengajar. Menurut Bu Ati yang baru pertama kali makan di restoran ini, rasa Ayam Lepaas lezat dan enak serta cocok di lidah. 

Ia juga menambahkan “harganya juga standar kok, pas sama kantong”. Tapi menurutnya porsi nasi masih terlalu sedikit, “untuk orang yang sedang diet mungkin porsinya cukup” ujarnya.

Tapi apapun itu, gak ada salahnya kan, kalau kalian main ke Bandung kemudian menyantap kuliner lezat ini. Sesuai dengan namanya deh, Ayam Lepaas dan Lemas. Lezat Pedas dan Lezat Manis.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Unordered List

Pages